04 February, 2008

Kebudayaan

1) Definisi Kebudayaan

a) Kebudayaan adalah bentuk ungkapan tentang semangat mendalam suatu masyarakat yang banyak direfleksikan dalam seni, sastra, religi dan moral.

b) Kebudayaan adalah himpunan keseluruhan dari semua cara manusia berpikir, berperasaan, dan berbuat segala sesuatu yang dimiliki manusia sebagai anggota masyarakat, yang dapat dipelajari dan dialihkan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

c) Kebudayaan yaitu istilah untuk menunjukkan segala hasil karya manusia yang berkaitan erat dengan pengungkapan bentuk. Dalam hubungan dengan alam, kebudayaan menunjukkan segala penggarapan manusia dari hasil alam dan dirinya sendiri.

d) Kebudayaan yaitu menunjukkan bidang kesusastraan, bidang humaniora (ilmu-ilmu kemanusiaan) dan kesenian. Dalam pengertian itu selalu terkait apa yang dinamakan dalam diri, pembentukan cita rasa dan pendapat/gagasan.

e) Kebudayaan adalah : hasil, cipta, rasa, dan karsa manusia.

2) Definisi Kebudayaan Islam

a) Kebudayaan Islam adalah : segala sekikap, tindakan dan visi yang berorientasikan pada dua sumber yaitu Alquran dan dan hadits.

b) Kebudayaan Islam adalah : hasil pergumulan umat Islam untuk merealisasikan pokok-pokok ajaran dalam kehidupan nyata.

c) Kebudayaan Islam ialah himpunan segala usaha dan daya upaya yang dikerjakan dengan menggunakan hasil pendapat budi pekerti untuk memperbaiki sesuatu dengan tujuan mencapai kesempurnaan.

d) Kebudayaan Islam adalah hasil cipta, rasa dan karsa manusia yang diperoleh dengan mengkaji lebih dalam pokok-pokok ajaran Islam.

e) Kebudayaan Islam ialah ungkapan suatu masyarakat terhadap seni sastra, religi dan moral yang didasari oleh Al-quran dan hadits dengan tujuan mencapai kesempurnaan.

Simpulan:

- Kebudayaan merupakan hasil karya cipta, rasa dan karsa seseorang, yang dalam bentuk ungkapan tentang semangat mendalam yang direfleksikan dalam bentuk seni, sastra, religi dan moral.

- Sedangkan kebudayaan Islam adalah hasil cipta, rasa dan karsa manusia (segala tindakan dan sikap seseorang) untuk merealisasikan pokok ajaran Islam dalam kehidupan, yang diperoleh dan dikerjakan dengan menggunakan hasil pendapat budi pekerti yang didasari oleh Alquran dan hadits dengan tujuan untuk mencapai kesempurnaan.

- Ungkapan suatu masyarakat terhadap seni, sastra, religi dan moral untuk merealisasikan dan mengkaji lebih dalam tentang pokok-pokok ajaran Islam dalam kehidupan, yang didasari oleh qur’an dan hadits, dengan tujuan untuk mencapai tujuan bersama.

1) Definisi Peradaban

a) Peradaban adalah suatu istilah yang digunakan untuk menyebut bagian-bagian atau unsur-unsur suatu kebudayaan yang dianggap halus, maju, dan indah.

b) Peradaban adalah pertumbuhan melalui perkembangan pengetahuan dan kecakapan, sehingga orang memungkinkan memiliki tabi’at “beradab”.

c) Peradaban adalah untuk menunjukkan keadaban beradab artinya memiliki tabi’at dan pengendalian diri.

d) Peradaban ialah kemajuan lahir batin yang menyangkut sopan santun, budi bahasa dan kebudayaan suatu bangsa.

e) Peradaban merupakan manifestasi-manifestasi kemajuan mekanis dan technologi yang terefleksi dalam politik, ekonomi, dan technologi.

2) Definisi Peradaban Islam

a) Peradaban Islam yaitu lebih diartikan sebagai peradaban kaum muslimin, tapi jika atribut Islam terhadap peradaban ini dititik beratkan kepada Islam sebagai agama yang dominan pada masa itu. Dan syariat Islam adalah salah satunya pengikat bagi bangsa-bangsa di dunia Islam dapat diterima. Demikian pendapat Ali Husin Al-Kharbutily. Ia juga menjelaskan bahwa peradaban Islam yang sesungguhnya adalah peradaban yang dibangun atas dasar nilai-nilai Islamy.

b) Peradaban Islam ialah tauhid yang memberikan identitas yang mengikat semua bagian-bagian, sehingga menjadikan mereka suatu badan yang integral, dan

c) Peradaban Islam merupakan tabi’at, tingkah laku yang dibangun atas nilai-nilai Islam dan dibawa oleh kewahyuan Islam sendiri yang mana kemudian dikembangkan oleh masyarakat.

d) Peradaban Islam adalah kemajuan yang menyangkut sopan santun, budi bahasa dan tabi’at yang diorientasikan pada Alquran dan hadits.

e) Peradaban Islam yaitu peradaban yang bersumber dan dibawa oleh kewahyuan Islam itu sendiri, dalam mengembangkan dan memberdayakan masyarakat manusia dimana yang sebelumnya tidak pernah ada.

Simpulan:

- Peradaban yaitu segala tindak tanduk yang dimiliki seseorang (segala tingkah laku yang dimiliki seseorang/orang lain) terhadap perkembangannya sehingga ia memiliki tabi’at “beradab” dan pengendalian diri terhadap dirinya sendiri, untuk kemajuan lahir dan batin mencakup sikap sopan santun dan budi pekerti dan bahasa yang baik.

- Sedangkan peradaban Islam yaitu segala tingkah laku, tabi’at seseorang yang dibangun atas nilai-nilai Islamy yang bersumber dan dibawa oleh wahyu Islam itu sendiri yang kemudian dikembangkan oleh masyarakat untuk kemajuan yang menyangkutkan sikap sopan, budi bahasa dan tabi’at yang bersumber dari ajaran Islam yakni al-Quran dan as-Sunnah.

0 komentar:

Post a Comment