PAIKEM


I.       PENGERTIAN PAIKEM
A.    Kompetensi Dasar
Siswa dapat memahami pengertian PAIKEM dan dapat menerapkan dalam pembelajaran.
B.     Deskripsi Materi
Pengertian PAIKEM dan ciri-cirinya.
C.     Uraian Materi
1.      Pengertian PAIKEM
PAIKEM adalah singkatan dari pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
a.       Pembelajaran Aktif
Pembelajaran artinya proses membelajarkan siswa di dalamnya terdapat usaha-usaha yang terencana dalam memanipulasi sumber-sumber belajar agar terjadi terus menerus proses belajar dalam diri siswa.

Pembelajaran aktif yaitu pembelajaran yang menekankan siswa belajar aktif, mereka yang mendominasi dalam aktifitas pembelajaran, mereka secara aktif menggunakan otak, baik untuk menemukan ide pokok dari materi pembelajaran, memecahkan masalahnya dan mengaplikasikannya.

Mengapa belajar aktif?
Lebih dari 2400 tahun yang lalu Confucius berpendapat:
1)      What I hear, I forget.
2)      What I see, I remember.
3)      What I do, I undersantand.

Sebuah proses pembelajaran akan lebih bermakna dan bermanfaat apabila siswa menggunakan semua indera sekaligus berfikir mengelola informasi dan ditambah dengan mengerjakan sesuatu. Kalau informasi yang hanya didengar saja akan mudah lupa dan tidak dapat yang diingat.  Seorang guru yang berbicara/mengajar 100 sampai 200 kata permenit, kemungkinan yang hanya bisa diserap oleh siswa sekitar 50 sampai 100 kata saja, itu pun mereka mendengar dengan serius (Hisyam Zaini:113).

Kemungkinan lain siswa tidak mendengarkan dengan konsentrasi adalah keterbatasan kemampuan manusia untuk berkonsentrasi secara terus menerus dalam jangka waktu tertentu walaupun materi yang disampaikan menarik.

Semuan siswa punya potensi untuk mencari dan menggali pengetahuan serta keinginan untuk menjalani sendiri berbagai ide/informasi/fakta/prinsip dari berbagai segi ilmu pengetahuan, karena itu guru diharapkan memampu berperan untuk membantu memotivasi dan menciptakan kondisi dan menata lingkungan agar potensi yang dimiliki siswa dapat terarah dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Ciri-ciri  belajar aktif, yaitu:
1)      Memecahkan masalah sendiri,
2)      Menemukan contoh-contoh,
3)      Mencoba keterampilan-keterampilan, dan
4)      Melakukan tugas-tugas.

b.      Pembelajaran Inovatif
Inovatif berarti memiliki kecenderungan pembaharuan dalam arti perbaikan dan pengembangan dalam kegiatan pembelajaran.
Pembelajaran Inovatif merupakan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan ide-ide baru atau gagasan-gagasan untuk perbaikan dan pengembangan kegiatan pembelajaran.

Ciri-cirinya, antara lain:
1)      Adanya keberanian siswa mengajukan pendapatnya,
2)      Adanya kebebasan mengemukakan pendapat atau memberikan tanggapan erhadap pendapat siswa lainnya,
3)      Kesediaan siswa untuk menerima padangan orang lain, dan memberikan pendapat atau komentar terhadap gagasan orang lain.

c.       Pembelajaran Kreatif
Kreatif berarti memiliki daya cipta atau kemampuan untuk mencipta.
Pembelajaran Kreatif yaitu pembelajaran yang membuat siswa mampu berkreasi/menciptakan sesuatu. Dalam hal ini mendorong siswa untuk mampu memberdayakan segala sumber daya yang tersedia, baik di dalam maupun di luar kelas.

Jadi pembelajaran kreatif adalam pembelajaran yang mampu menciptakan siswa lebih aktif, berani menyampaikan pendapat dan berargumen, menyampaikan masalah atau solusinya serta memberdayakan semua potensi yang tersedia.

Ciri-cirinya antara lain:
1)      Berfikir lancar,
2)      Berfikir luwes,
3)      Berfikir rasional,
4)      Terampil merinci,
5)      Terampil menilai
6)      Selalu rasa ingin tahu,
7)      Imajinatif dan tertantangan,
8)      Berani mengambil resiko dan menghargai.
  
d.      Pembelajaran Efektif
Efektif berarti berhasil.
Pembelajaran Efektif merupakan pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat belajar dengan mudah dan senang. Dalam arti mudah memahami apa yang dipelajari sehingga tercapai tujuan pembelajaran yang telah digariskan.

Ciri-ciri pembelajaran efektif yaitu siswa dapat menyerap pembelajaran dan mengaplikasikannya.

e.       Pembelajaran Menyenangkan
Pembelajaran Menyenangkan yaitu pembelajaran yang dapat membuat siswa merasa senang, mereka benar-benar termotivasi untuk belajar.

Ciri-cirinya antara lain:
1)      Dapat menumbuhkan komunikasi dan interaksi yang harmonis antara guru dan siswa.
2)      Menggunakan media belajar yang menarik dan membantu siswa untuk memahami materi pembelajaran.
3)      Mengembangkan strategi pembelajaran yang menarik.
4)      Pembelajaran bebas dari perasaan tertekan.