I. PENGERTIAN PAIKEM
A. Kompetensi Dasar
Siswa dapat memahami pengertian PAIKEM dan
dapat menerapkan dalam pembelajaran.
B. Deskripsi Materi
Pengertian PAIKEM dan ciri-cirinya.
C. Uraian Materi
1. Pengertian PAIKEM
PAIKEM adalah singkatan dari
pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
a. Pembelajaran Aktif
Pembelajaran artinya proses
membelajarkan siswa di dalamnya terdapat usaha-usaha yang terencana dalam
memanipulasi sumber-sumber belajar agar terjadi terus menerus proses belajar
dalam diri siswa.
Pembelajaran aktif yaitu
pembelajaran yang menekankan siswa belajar aktif, mereka yang mendominasi dalam
aktifitas pembelajaran, mereka secara aktif menggunakan otak, baik untuk
menemukan ide pokok dari materi pembelajaran, memecahkan masalahnya dan
mengaplikasikannya.
Mengapa belajar aktif?
Lebih dari 2400 tahun yang lalu
Confucius berpendapat:
1) What I hear, I forget.
2) What I see, I remember.
3) What I do, I undersantand.
Sebuah proses pembelajaran akan
lebih bermakna dan bermanfaat apabila siswa menggunakan semua indera sekaligus
berfikir mengelola informasi dan ditambah dengan mengerjakan sesuatu. Kalau
informasi yang hanya didengar saja akan mudah lupa dan tidak dapat yang
diingat. Seorang guru yang
berbicara/mengajar 100 sampai 200 kata permenit, kemungkinan yang hanya bisa
diserap oleh siswa sekitar 50 sampai 100 kata saja, itu pun mereka mendengar
dengan serius (Hisyam Zaini:113).
Kemungkinan lain siswa tidak
mendengarkan dengan konsentrasi adalah keterbatasan kemampuan manusia untuk
berkonsentrasi secara terus menerus dalam jangka waktu tertentu walaupun materi
yang disampaikan menarik.
Semuan siswa punya potensi untuk
mencari dan menggali pengetahuan serta keinginan untuk menjalani sendiri
berbagai ide/informasi/fakta/prinsip dari berbagai segi ilmu pengetahuan,
karena itu guru diharapkan memampu berperan untuk membantu memotivasi dan
menciptakan kondisi dan menata lingkungan agar potensi yang dimiliki siswa
dapat terarah dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Ciri-ciri belajar aktif, yaitu:
1) Memecahkan masalah sendiri,
2) Menemukan contoh-contoh,
3) Mencoba
keterampilan-keterampilan, dan
4) Melakukan tugas-tugas.
b. Pembelajaran Inovatif
Inovatif berarti memiliki
kecenderungan pembaharuan dalam arti perbaikan dan pengembangan dalam kegiatan
pembelajaran.
Pembelajaran Inovatif merupakan
pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan ide-ide
baru atau gagasan-gagasan untuk perbaikan dan pengembangan kegiatan
pembelajaran.
Ciri-cirinya, antara lain:
1) Adanya keberanian siswa
mengajukan pendapatnya,
2) Adanya kebebasan
mengemukakan pendapat atau memberikan tanggapan erhadap pendapat siswa lainnya,
3) Kesediaan siswa untuk
menerima padangan orang lain, dan memberikan pendapat atau komentar terhadap
gagasan orang lain.
c. Pembelajaran Kreatif
Kreatif berarti memiliki daya cipta atau
kemampuan untuk mencipta.
Pembelajaran Kreatif yaitu pembelajaran
yang membuat siswa mampu berkreasi/menciptakan sesuatu. Dalam hal ini mendorong
siswa untuk mampu memberdayakan segala sumber daya yang tersedia, baik di dalam
maupun di luar kelas.
Jadi pembelajaran kreatif adalam
pembelajaran yang mampu menciptakan siswa lebih aktif, berani menyampaikan
pendapat dan berargumen, menyampaikan masalah atau solusinya serta
memberdayakan semua potensi yang tersedia.
Ciri-cirinya antara lain:
1) Berfikir lancar,
2) Berfikir luwes,
3) Berfikir rasional,
4) Terampil merinci,
5) Terampil menilai
6) Selalu rasa ingin tahu,
7) Imajinatif dan tertantangan,
8) Berani mengambil resiko
dan menghargai.
d. Pembelajaran Efektif
Efektif berarti berhasil.
Pembelajaran Efektif merupakan pembelajaran
yang memungkinkan siswa dapat belajar dengan mudah dan senang. Dalam arti mudah
memahami apa yang dipelajari sehingga tercapai tujuan pembelajaran yang telah
digariskan.
Ciri-ciri pembelajaran efektif yaitu
siswa dapat menyerap pembelajaran dan mengaplikasikannya.
e. Pembelajaran Menyenangkan
Pembelajaran Menyenangkan yaitu pembelajaran
yang dapat membuat siswa merasa senang, mereka benar-benar termotivasi untuk
belajar.
Ciri-cirinya antara lain:
1) Dapat menumbuhkan
komunikasi dan interaksi yang harmonis antara guru dan siswa.
2) Menggunakan media belajar
yang menarik dan membantu siswa untuk memahami materi pembelajaran.
3) Mengembangkan strategi
pembelajaran yang menarik.
4) Pembelajaran bebas dari
perasaan tertekan.